EVALUASI DATA PENJUALAN DAN PERFORMA BRAND MELALUI SISTEM INFORMASI DI PLATFORM MEDIA SOSIAL

Authors

  • Asep Nurohim Universitas Bina Darma Author
  • Evi Yulianingsih , M.M., M.Kom. Universitas Bina Darma Author
  • Dr. Ari Muzakir, S.Kom., M.Cs Universitas Bina Darma Author
  • Siti Sauda, M.M., M.Kom. Author

Keywords:

Live Streaming, Sales Performance, Brand Management, Tiktok Shop, Shopee Live

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pengelolaan penjualan dan performa brand melalui platform live streaming seperti Shopee dan TikTok, yang dilakukan oleh Bentuk Entertainment. Menggunakan pendekatan studi kasus, data dikumpulkan dan dianalisis dari Juni hingga Juli 2024. Metode yang digunakan meliputi pemantauan performa melalui Shopee Live Dashboard dan TikTok Shop Performance Report, yang didukung oleh dokumentasi internal perusahaan dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan, khususnya selama promosi seperti "tanggal kembar" dan PayDay Sale, secara signifikan meningkatkan Gross Merchandise Value (GMV), dengan total Rp130.407.784 untuk Belance dan Rp46.491.431 untuk Groem. Peran host profesional seperti Wira, Hesty, dan Nabila sangat penting dalam meningkatkan keterlibatan audiens dan penjualan. Namun, terdapat tantangan seperti durasi rata-rata waktu tonton yang rendah dan pertumbuhan pengikut yang terbatas. Rekomendasi meliputi peningkatan teknik storytelling selama live streaming, integrasi sistem Business Intelligence (BI), optimalisasi judul produk untuk algoritma pencarian, dan fokus pada program loyalitas pelanggan. Temuan ini menyoroti potensi live streaming sebagai alat pemasaran digital yang kuat, memberikan wawasan yang dapat diterapkan untuk memperkuat daya saing dalam ekosistem e-commerce.

 

  

Downloads

Published

20-02-2025